WHAT'S NEW?
Loading...

Berbagai Macam Ancaman Keamanan Komputer.

Sebagai pengguna komputer kita tentu sering mendengar istilah virus, worm, trojan dsb, di artikel ini saya akan memberikan anda penjelasan tentang perbedaan dari istilah-istilah tersebut.

Malware
Malware adalah singkatan dari Malicious Software. Ini termasuk program atau file yang dirancang untuk membahayakan. Untuk mendistribusikan mereka hacker sering menyembunyikan mereka dalam program lain di sebuah website atau mengirimkannya kepada Anda melalui e-mail. Ini termasuk:
  • Virus dan worm
  • Trojan Horses
  • Adware dan Spyware
  • Phishing & Farming
  • Spam dan e-mail berisi pesan tentang berita yang tidak terjadi ( HOAX)
Tipe Malware
Malware dapat mengambil alih akses komputer kita secara penuh ini memungkinkan hacker untuk mengirimkan data, mendapatkan informasi berharga seperti user id, password, mematikan antivirus dan software firewall.

Pharming
Pharming adalah serangan di mana pengguna dapat tertipu memasukkan data sensitif seperti nomor sandi atau kartu kredit ke situs web berbahaya. Penyerang tidak harus bergantung pada pengguna yang mengklik link dalam suatu email. Bahkan jika pengguna mengetikkan URL (alamat web) di browser`s bar, penyerang masih dapat mengarahkan pengguna ke situs web berbahaya.

Adware
Adware adalah singkatan yang digunakan untuk software pengiklan. Hal ini mengacu pada perangkat lunak yang secara otomatis memutar, menampilkan atau download iklan. Iklan ini terlihat setelah perangkat lunak diinstal pada komputer atau saat aplikasi sedang digunakan.

Virus
Virus adalah program komputer berbahaya yang dapat menyalin dirinya sendiri dan menginfeksi komputer dengan tujuan merusak file atau memodifikasi. Hal ini dilakukan tanpa izin atau pengetahuan pengguna. Virus mereplikasi sendiri dengan melampirkan ke obyek lain misalnya melalui lampiran e-mail, download internet, disket, CD, dll 

Spyware
Spyware adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang seseorang atau organisasi tanpa sepengetahuan mereka. Spyware menampilkan iklan yang berhubungan dengan apa yang ditemukan dari memata-matai Anda

Phishing
Sebuah e-mail yang menyamar sebagai kontak yang sah dari bisnis atau organisasi dalam upaya untuk mencuri informasi pribadi atau keuangan disebut Phishing. Phishing sering menyatakan bahwa ada masalah atau mengancam untuk mengakhiri akun jika Anda tidak merespon.

Spam 
Spam adalah e-mail yang dikirimkan secara massal di Internet. Dalam hampir semua kasus alamat pengirim adalah palsu yakni berpura-pura sebagai pengirim yang sah. Spam umumnya membawa program/kode berbahaya. Sulit untuk menghentikan spam terkecuali server pengirim spam dimatikan.

Trojan Horses
Ini adalah kendaraan pengiriman untuk program komputer berbahaya atau merusak, mirip dengan virus atau worm. Hacker penulis virus dan bahkan pengiklan dapat menanamkan kode berbahaya ke dalam setiap program atau file yang tampaknya tidak berbahaya atau berguna seperti animasi atau video game. 

Worm
Sebuah program komputer berbahaya, seperti virus, tetapi worm dapat menyebar sendiri tanpa harus berinteraksi dengan pengguna biasanya lebih berbahaya daripada virus karena mereka dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan.

Antivirus Software
Terlepas dari jenis antivirus yang berjalan pada komputer anda harus memiliki fitur sebagai berikut :
  • Memiliki detector yang memonitor komputer anda secara terus menerus.
  • Memiliki e-mail scanner ini akan melakukan scanner dalam email yang masuk.
  • Pembaharuan databases antivirus untuk menjamin data virus yang di deteksi selalu update.
  • Melakukan pemindaian setiap kali anda menggunakan perangkat portable seperti flasdixk, CD, DVD.

Contoh Malware

Sekarang ini penyebaran adware dan spyware beragam pendekatan yang paling sering adalah dalam bentuk iklan menawarkan program, musik, antivirus, yang harus dilakukan hanyalah mengklik tombol download kemudian kita diharuskan untuk mendownload dan menginstall program tersebut.
  • Jangan menginstall antivirus atau program yang menawarkan atau mengklaim dapat meningkatkan kecepatan komputer karena seringkali program tersebut adalah Malware. 
  • Jangan pernah mengklik link yang dikirimkan melalui instan messenger seringkali link tersebut berisi installasi program tersembunyi.
Phishing Attack
Untuk kasus phising attack di indonesia biasanya hacker mengirimkan pemberitahuan melalui e-mail, sms dengan isi kita sudah memenangkan suatu hadiah dari lembaga keuangan dengan menyertakan alamat website yang dibuat mirip dengan website asli dari lembaga tersebut dengan tujuan mencuri/ mengumpulkan data pribadi seperti user id dan password.


Pharming Attack
Web Pharming memungkinkan hacker untuk mengarahkan lalu lintas suatu situs ke situs web lain. Pada situs ini mereka bisa mencuri rincian keuangan atau data pribadi biasanya pada formulir pendaftaran.
Pharming situs biasanya menggunakan protokol HTTPS pada halaman login mereka untuk memungkinkan pengguna untuk memverifikasi identitas situs web.
Jika penyerang mencoba untuk meniru situs menggunakan HTTPS, pengguna akan menerima pesan dari browser menunjukkan bahwa sertifikat situs web tidak sesuai dengan alamat yang sedang dikunjungi.
Dalam keadaan ini Anda tidak harus melanjutkan dan tekan No Anda akan kembali ke halaman sebelumnya.
 

 

Spam e-mail
Email Spam sering (meskipun tidak selalu) dialihkan ke folder email sampah atau dikarantina pada mail server perusahaan. 
  • Jangan membuka pesan yang tidak diinginkan.
  • Waspada terhadap email dengan link.
  • Jangan pernah membalas e-mail yang mencoba menjual sesuatu kepada anda terlebih jika anda tidak mengetahui toko yang menawarkan produk tersebut.
  • Jangan pernah menanggapi e-mail dari lembaga keuangan atau organisasi terkemuka yang meminta informasi atau rincian informasi akun. mereka tidak pernah melakukan nya.
  • Jangan pernah memposting alamat e-mail anda di media social ini akan meningkatkan jumlah spam yang anda terima.
E-mail Golden Rules 
  • Jangan pernah membuka e-mail dari orang asing.
  • Jangan pernah menuliskan e-mail anda di social media.
  • Jangan gunakan e-mail gratis untuk email kerja seperti Hotmail atau Yahoo.
  • Abaikan surat berantai.
  • Berhati-hatilah membalas pesan spam atau mengklik berhenti berlangganan.
  • Jangan pernah mengirim data pribadi, user id, password, pin melalui email.    
Menginstal patch terbaru
Hal ini sangat penting untuk menjaga Sistem Operasi Anda tetap up to date. Pastikan bahwa update secara otomatis di-download.

1 komentar: Leave Your Comments

  1. I have used AVG protection for a number of years, and I would recommend this Anti virus to everyone.

    BalasHapus